HADI (Bram)

Posted by

hadi (bram) adalah seorang laki laki muda yang mempunyai kemampuan mengingat dengan sangat mengagumkan dia dapat mengingat ratusan orang dengan satu kali kenalan dan saya pernah bertanya kepadanya cara meningkatkan kemampuan mengingat



             Mengingat memang suatu hal yang tidak kita sadari, tanpa kita sadari dari dulu hingga sekarang kita telah banyak mengingat banyak hal. Mengingat adalah salah satu tugas yang di emban oleh otak kita. kemampuan otak mengingat setiap manusia mungkin tidaklah sama, ada yang daya ingat nya kuat ada juga yang lemah. Oleh karena itu, bagi yang merasa daya ingatnya lemah tips-tips berikut ini layak di coba, siapa tahu membantu.

   1.      Olahraga.
 Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jasmani kita saja, tapi dengan berolahraga secara rutin dan teratur, selain menjaga badan kita tetap fresh dan bugar juga bisa membuat kinerja otak kita dalam mengingat meningkat, sehingga tidak cepat lupa. Plak yang menumpuk di dalam sel darah kita adalah hal menyebabkan aliran nutrisi ke otak menjadi terhambat. sehingga karena kekurangan nutrisi, maka kemampuan otak pun menurun,  dan dengan berolahraga yang rajin dapat mengurangi plak tersebut sehingga otak kita tetap sehat dan lebih meningkatkan daya pikir.

2.      Istirahat yang cukup(Tidur)
Ketika kita dalam keadaan tidur atau, otak kita akan mereview kembali kejadian-kejadian yang baru saja dialami oleh kita sebelum tidur Tidur di sini tidak hanya diartikan sebagai tidur di malam hari, melainkan juga termasuk tidur di siang hari . Terutama setelah kita  belajar mengenai sesuatu hal, misalnya saja ketika setelah belajar untuk menghadapi ujian atau test lain nya.

3.      Jaga emosi
seseorang yang tidak dapat mengontrol emosi nya, biasanya mudah dihinggapi rasa  stress, stress ini dapat mengakibatkan kinerja otak kita terganggu karena ada beban tambahan bagi otak kita katena memikirkan yang lain. Jadi, pintat-pintarlah mengontrol emosi, jangan terlalu sering marah agar otak kita tetap fresh dan dapat tetap lancar dalam mengingat sesuatu.


4.       Mendengarkan musik.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuan, ternyata dengan mendengarkan musik-musik tertentu dapat membantu kita dalam menghafal lebih cepat dari sebelimnya (meningkatkan daya ingat otak) . dengan mendengarkan musik , otak akan merasa rileks dan menikmati alunan nada tersebut, sehingga dapat meningkatkan kemampuan otak kita dalam mengingat karena rasa rileks otak itu.

5.      Mengajar
Berbagi ilmu kepada orang lain tentang sesuatu hal yang sudah kita pahami juga dapat meningkatkan kemampuan kita dalam mengingat, khusunya mengingat ilmu yang kita ajari kepada orang lain tersebut. karena secara tidak langsung kita juga mengulangi mempelajari ilmu tersebut, sehingga bisa mengingat kembali apa yang telah kita pahami dulu yang akhirnya bisa terus diingat bahkan bisa hafal di luar kepala.

6.      Melakukan sesuatu yang  mengasah otak
Untuk lebih meningkatkan daya ingat otak kita, kita juga bisa terus berlatih mengasah otak kita agar semakin tajam. Misalnya bermain TTS (Teka-Teki Silang) di saat waktu luang. Semakin sering kita melatih otak, maka akan semakin kuat pula kinerja otak kita, khususnya dalam mengingat.
            Demikianlah sekilas tentang tips meningkatkan kemampuan mengingat. Selain tips-tips diatas ada juga hal lain yang dapat meningkatkan kemampuan mengingat kita, misalnya dengan segi makanan. Ternyata makanan juga ada juga yang mampu meningkatkan daya ingat. Di postingan selanjutnya, saya akan mengulas tentang hal ini. namun, tidak akan langsung saya posting, saya akan selingi dengan postingan yang lainnya agar teman-teman tidak bosan membaca tips kesehatan terus.  semoga bermanfaat, amin


Blog, Updated at: 23.23

4 komentar: